Langsung ke konten utama

Comtoh Soal Teks Prosedur dan Teks Ceramah Kelas XII

11. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telahditempelkan dengan menggunakan sabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.

Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....
a. 1-3-4-2-5
b. 5-1-3-4-2
c. 5-3-4-2-1
d. 1-5-3-4-2

12. Ciri bahasa yang Digunakan dalam prosedur kompleks adalah...
A.singkat padat dan jelas
B.komunikatif dan baku
C.baik dan sopan
D.baku
E.singkat
Jawaban : B

13. Biasannya yang terdapat di paragraf ke 2 dalam prosedur kompleks adalah...
A.tujuan
B.interpretasi
C.langkah-langkah
D.tesis
E.argumentasi
Jawaban : C

14. Pernyataan di bawah ini yang merupakan keterangan cara...
a. Cucilah sayur dengan bersih.
b. Kupas dengan pisau tajam
c. Masukkan garam dengan gula.
d. Nyalakan kompor dengan korek api.

15. Di bawah ini yang merupakan contoh kalimat imperatif adalah...
A.tetapi
B.dan
C.berhentilah !
D.hanyalah
E.dia
Jawaban : C

16. Berikut ini contoh kalimat penutup dalam suatu sambutan, yaitu …

a.Terimakasih kepada semua warga desa yang telah bersedia hadir.
b.Kepada Bapak kepala sekolah kami ucapkan selamat datang.
c.Demikian akhir pembicaraan, sesi selanjutnya adaah tanya jawab.
d.Kami berharap dengan acara lomba ini dapat memacu kreatifitas dan inopasi baru.
e.Demikian sambutan ini, saya ucapkan selamat kepada seluruh panitia yang telah berusaha keras mewujudkan acara ini .
Jawaban: e

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, OSIS di sekolah menggalakkan kegiatan GDN. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui Paskibra, PKS, dan PMR. Sekolah mengawali kegiatan tersebut dengan ceramah.

17. Kalimat pembuka ceramah yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
b. Untuk mengawali kegiatan ulang tahun sekolah, maka OSIS dapat memulai kegiatannya dan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui Plang Merah Remaja.
c. Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik rakyat awam saja, melainkan juga utnuk pelajar.
d. Dalam seramah ini, top[ik yang akan kita bahas, yaitu masalah GDN yang dapat dilaksanakan oleh OSIS melalui Paskibra, PKS, dan PMR.
e. Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Jawaban :  a.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19

(1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.

18. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...
a. Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi.
b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
c. Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.
d. Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.
e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.

Jawaban : b

19. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukan nomor...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban : d

Perhatikan ilustrasi berikut!
Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, Si A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, Si B memberikan cermah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.

20. Situasi seperti dalam ilustrasi tersebut terjadi karena...
a. Waktu si A berceramah, hari masih pagi
b. Waktu si B berceramah, hari sudah siang
c. Ceramah Si A diselingi lelucon
d. Dalam ceramahnya, si B tidak dapat melucu
e. Cara si A berceramah lebih menarik daripada cara si B
Jawaban : e

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas B indo

Kerangka Teks Ceramah a. Definisi kenakalan remaja b. Contoh kenakalan remaja c. Ciri ciri kenakalan remaja d. Dampak negativ dari kenakalan remaja e. Cara menanggulangi kenakalan remaja Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua. Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT , atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini. Salawat serta salam tak lupa kita sanjungkan kepada junjungan nabi besar Muhammad shallahu ' alaihi wasalam, keluarga beliau, sahabat beliau, dan pengikut beliau dari dahulu, sekarang hingga akhir jaman. Teman teman yang saya banggakan, disini saya akan menyampaikan sedikit uraian mengenai kenakalan remaja yang nantinya dapat bermanfaat bagi kita semua. Kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak anak ke dewasa. Remaja hanya memikirkan kesenangan berkumpul dengan te